Sabtu, 14 Januari 2012

Seminar Parenting

Sabtu tadi pagi 14 Januari 2012 saya mengikuti seminar dengan tema Meningkatkan Kecerdasan Anak dengan Teknik PARENTING yang diprakarsai oleh dr.Zulaehah Hidayati. Seminar ini saya ikuti dengan maksud agar saya bisa lebih baik mendidik anak (pasukan arc) tapi sebenarnya sih saya lebih ke faktor penasaran saja apa sih Teknik PARENTING itu sendiri. 
Penjabaran dari PARENTING itu sendiri adalah disebut dibawah ini :
P = Pengasuhan anak yang benar
A = Anak adalah anugerah
R = Redam amarah
E = Empati mendengarkan
N = Notifikasi pembicaraan dan tindakan
T = Tanamkan energi positif
I = Istiqomah
NG = Mengadakan Time Out

Dalam seminar yang dikemas lumayan apik ini saya banyak mendapat masukan yang sangat berarti dan semoga saja teknik ini bisa saya praktekkan dalam kehidupan sehari-hari. karena untuk berubah itu agak sedikit SULIT tapi pasti BISA. Dalam teknik ini juga kita dianjurkan agar kita sebagai orang tua harusbisa membuat anak agar berKARAKTER bukan CERDAS (dalam penilaian subjektif dalam masyarakat). Karakter itu sendiri adalah berperilaku baik dengan didasari oleh adanya kesadaran dan keyakinan dari dalam diri anak.

Masalah yang diangkat dalam seminar adalah ;
- Bagaimana cara agar anak tidak susah makan
- Bagaimana anak mau belajar
- Bagaimana anak merasakan cinta dan kasih sayang dari orang tuanya
- Bagaimana membentuk perilaku anak ( berkarakter)

Dikupas juga mengenai Teori otak Triune yang terdiri dari :
- Neokorteks
- Mamalia ( sistim limbik)
- Reptil
yang mana ternyata Neokorteks (rangsang terhadap semua kegiatan) dan Reptil (Tindakan repleks dari suatu sebab) tidak bisa bekerja secara bersamaan sebagai contoh soal ketika anak sedang memainkan mainan ( otak neokorteks sedang bekerja) dan mainannya direbut maka akan timbul tindakan marah atau kesal (otak reptil sedang bekerja) maka yang harus kita lakukan adalah menstabilkan terbih dahulu otak reptil yang sedang bekerja dengan cara berkata dengan lembut pada anak kita.

Nah bagian yang paling saya suka adalah faktor R dalam kata PARENTING yaitu redam amarah .Tahap ini harus kita lakukan karena faktor ini sangatlah berperan penting dalam pengasuhan anak yang benar. Kenapa saya suka tahap ini karena satu...jawabnya adalah saya belum bisa melakukannya dengan baik mungkin karena faktor obsesi, rasa lelah, long distance relationship between me n me lovely husband atau hal hal lain misalnya kegalauan :) tapi dengan mengikuti seminar ini semoga saya bisa melakukan faktor ini.

Yaa...menjadi orang tua tidaklah mudah diperlukan keterbukaan hati otak dan pikiran agar terbentuk suatu keselarasan dalam hidup dan berkeluarga.
untuk lebih jelasnya kalian bisa berkonsultasi langsung dengan dr.Zulaehah Hidayati atau kontak ke Rumah Parenting
dr. Zulaehah sedang memberikan seminar
foto bareng dr.Zulaehah
narsis dikit sama temen baru (ketemu diseminar)
Akhir kata dari saya
Anakku ...maafkan bunda jika semua tutur dan perbuatan bunda tidak mengenakan pada kalian karena disini bunda pun tengah Belajar untuk memahami kalian dan semua tentang kehidupan, semangatku ada pada kalian yang tak akan redam ditelan waktu...Love me little arc fam.

2 komentar:

  1. salam kenal Mba :D, terimakasih ini infonya "mencerahkan" sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai,,,mba shanthy salam kenal juga thx for coming yaaa.
      Alhamdulillah saya bisa share rubrik ini...mari kita sama-sama belajar:)

      Hapus